Sabtu, 10 Agustus 2013

Pengalaman Pribadi Saat Tes SIPENCATAR Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Hai kawan, jumpa lagi dengan gue Ivan. Udah lama gak ngeblog jadi semua komen pada numpuk ga ke post and read hehehhe :D

Kali ini gue pengen berbagi pengalaman saat gue tes pelayaran tahun ini (2013) sesuai judul nya diatas yuk langsung aja.... cekidot !

Tujuan hidup gue adalah menjadi orang sukses dan dapat membahagiakan orang tua gue, nah dari gue kecil, gue bercita-cita untuk jadi seorang PELAUT karena terinspirasi dari bokap yang juga seorang pelaut (crew biasa). Untuk mewujudkan itu gue udah planning nyari sekolah pelayaran yang bagus akhirnya ada sodara jauh gue yg seorang pelaut juga merekomendasikan STIP Jakarta. Karena STIP Jakarta itu sekolah pelayaran yg sudah diakui lulusannya didunia dan merupakan sekolah pelayaran terbaik di indonesia. STIP Jakarta merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yg prospek kerjanya jelas dan masa depannya terjamin. Abis dikasih tau, gua langsung cari tau itu kampus kayak apa lewat mbah gugel. Kesan pertama gue sih STIP itu keren, bagus, maknyus, dan horor. Kenapa horor? karena disana berlaku sistim Senior dan Junior dimana Senior selalu benar, jika Senior salah, kembali ke prinsip Senior selalu benar (mampus gue). Yaudahlah tak apa demi mewujudkan cita-cita bakal gue jabanin deh. 



Nah gue tahun ini (2013) lulus SMA, sebelumnya tgl 11 Maret gue ijin ama sekolah gue buat daftar di STIP. waktu itu gue dianter sama tetangga gue yang anaknya sekolah di STIP namun lagi prola (PKL). Sampe disono kesan pertama gue : 
1. widihh keren amat nih kampus
2. wow luas banget men !
3. ademnya angin pantai sepoi-sepoi
4. anjir seragam tarunanya cool !
5. waduh tuh ada junior yg disuruh-suruh (baca : horor)

Sudah puas ngeliat-ngeliat gue langsung ke loket pendaftaran letaknya di samping ruang auditorium. Nah sekedar info aja, STIP punya 2 tahap tes. Tes tahap pertama itu tes akademik/ tes tertulis yg kedua tes (psikotest, samapta, kesehatan, wawancara). yg akan gue hadapi ini tes tahap pertama. setelah berkas berkas pendaftaran selesai, gue langsung caw menghadap karyawan STIP di loket pendaftaran. pas udah selesai, gue diajak muter2 in kampus dulu sama tetangga gue. eh kebetulan lagi ada acara wisudaan gitu ga ngerti juga gue. ada penampilan dari drumband yg KEREN ABIS ! takjub dah gue pas ngeliatnya, ada juga sesi dance dimana taruna2 joget gangnam style nya PSY. hahahaha kocak abis.

pas udahan, gue balik tuh. btw di STIP itu ada 3 jurusan, Nautika, Teknika, dan KALK. Nautika dan Teknika itu kalo kerja di kapal, sementara KALK di pelabuhan. jurusan favorit itu ya Nautika soalnya bisa jadi kapten kapal/nahkoda. nah pilihan gue ya Nautika.

waktu itu tes tahap 1 nya dilaksanakan pada 25 juni 2013, gue berencana ngekos di area belakang STIP. tgl 22 juni nya gue caw nyari tempat kosan ama bokap gue. setelah dapet kosan, dan fix, gue balik lagi, lalu esok harinya gue caw ke kosan. di kosan ada CATAR lain seperti gue, ada Rio dari medan, Agus dari Blitar, Wowo dari Riau, Rizky dari bogor, Darius dari bogor, Revan dari purbalingga, bang Riki dari bogor, Agam dari Tangerang, fadli dari medan, serta frengky dari bandung. kami rame rame dikosan ngakak, becanda, maen bareng, ngobrol2, cerita2 pokoknya akrab dah...

hari yang dinanti pun tiba, pagi2 banget gue mandi, solat (macam betul aja solat. solat kalo ada maunya doang hahahgadeng), lalu siap2. setelah semuanya ready, kami caw bareng2 jalan kaki ke STIP soalnya deket. kami tes pake baju putih celana hitam. ada sekitar 2600 peserta. pertama2 kami semua dikumpulin di lapangan, dipisahin tergantung masing2 jurusan. gue Nautika tesnya di sport hall blok c. waktu itu tes yg pertama (kemampuan akademik) dimulai pukul 08.00 selesai pukul 10.00. soalnya banyak, ada 120 biji, ada bagian soal kemampuan verbal, aritmatika dll deh. yaa alhamdulillah sih gue bisa ngerjain itu semua. good job laahhh.. abis itu istirahat, tapi istirahat cuma 15 menit men, mana perut laper, aus, kantinnya jauh gila. yaudah gue jalan dulu aja kekantin berharap menemukan benda untuk dimakan. belom nyampe kantin, baru nyampe lapangan eh suara toa dan bel berbunyi lalu para peserta tes di panggil semua keruangan masing2 (mampus gue gajadi makan). buseeehhhh gue langsung caw ke sport hall sambil makan roti yg udah gue beli kemarennya, serta minum aer (yaiyalah masa makan aer bego). 



perut masih keroncongan tapi udah di jejelin soal lagi. nah kali ini tuh soal yang gue takutin men ! soalnya tentang kemampuan matematika, fisika, dan bhs inggris. kalo bahasa inggris sih bisa gue babat, tapi fisika dan mtk nya??? malaikat sebelah kanan berkata  "udah kerjain dulu yang gampang" yaudah gue turutin apa kata doi. nah saat mulai mengerjakan, langsung gue loncat ke bahasa inggris. disitu bahasa inggris gue bantai dengan telak mirip film crows zero ketika takiya genji ngebantai tamao serizawa ampe tumbang (biar serem dikit). lalu saat berbalik ke mtk, gue pasrah. pas gue liat soal nya, bermacam2 opini di otak gue keluar.

soal no 1 : "hmm lumayan"
soal no 2 : "ini bisa diakalin"
soal no 3 : "waduh gimana nih"
soal no 4 : "gue mulai ngeliat kondisi orang2 di sebelah gue yg lagi stres juga pas liat soal"
soal no 5 : "gile susah bener"
soal no 6 : "ya allah ini gimana nasib gue??"
soal no 7 dan seterusnya : tang ting tung *berharap keajaiban dan keberuntungan*

baru di mtk aja otak gue udah ngebul, lalu gua buka soal fisika dan....

YA ALLAH... apa salah hambamu ini ?!

sumpeh deh fisika nya 10 kali lipat jauh sangat banget lebih susah dari mtk. gue bingung gue pake rumus biasa eh gak ketemu jawabannya, gue otak atik tetep gak ketemu juga. rasanya pengen gue melambai ke arah pengawas namun niat itu gue urungkan karena pengawas gue lagi sibuk nulis sesuatu. karena gue udah frustasi gue langsung muak sama soalnya, gue liatin aja para peserta laen berharap ada hidayah yang menyambangi pikiran gue. gue perhatiin sekitar gue ada yg lagi ngitung, lagi ngebuletin jawaban, lagi lirik2 an, lagi stress juga, lagi TIDUR, lagi pdkt sama pengawasnya (ya enggalah bego) bahkan ada yg daritadi lagi NYANTAI tanpa ngitung ato otak atik soal sama sekali. sejenak gue berpikir apakah orang ini bisa ngerjain, atau sama pasrahnya kaya gue. gue heran.

yaudahlah gue langsung balik ke soal dan pake jurus terakhir yaitu TANG TING TUNG iseng2 beruntung. gue udah pasrahin semua nya sama Allah swt. pas udah selesai, gue istirahat sejenak lalu ngeliat peserta laen yang masih TIDUR ! gue heran emangnya itu soal ada musik NINA BOBO-nya apa ?? boro2 bisa tidur yg ada gue stres. yg gue lebih heran lagi, peserta yg dari td nyantai tau tau ngumpulin pertama. NAHLOH !!! entah itu orng jenius ato udah ngebet pengen bobo dirumah kali ya. whatever lah!! 
tes nya selesai jam 13.00 abis itu gue balik kekosan berharap hasil nya memuaskan. lalu rapih2 dan balik ke habitat gue (tangerang)

abis itu gue nunggu pengumuman tgl 4 juli 2013. gue istirahat dirumah (baca : pengangguran kelas kakap). pada hari pengumuman, gue pantengin web STIP, gue tarik gue ulur, tiba-tiba ada web lain yang nantangin langsung gue babat aja dan benangnya putus (lu pikir layangan?)

gue tunggu jam 1 pagi blom ada kabar, jam 7 pagi blom ada kabar, jam 12 siang blom ada kabar, jam 5 sore blom ada kabar, jam 8 malem blom ada kabar. ini asli PHP berat, mirip di PHP in mantan. lalu jam 10 malem gue iseng buka web stipjakarta.ac.id dan jeng. jeng. jeng sudah ada nama nama peserta yg dapat melanjutkan ke tes tahap 2. dan gue download itu file pdf lalu gue cari nomor dan nama peserta gue yakni : EE.11.20153 IVAN RINALDI daaannnn..... ADA ! nama gue ADA ! langsung gue nyari nyokap gue lalu gue sungkem ke dia. betapa senangnya gue malam itu. namun tidak bertahan lama, euphoria lolosnya tes tahap pertama gue sirna ketika malaikat sebelah kiri bilang "masih ada tes tahap dua bego"  gue langsung sadar. 

lalu besok nya gue langsung cari perlengkapan2 buat tes tahap 2 yaitu psikotes, samapta, wawancara, dan kesehatan. setelah dapet semua, gue langsung pergi ngekos lagi dan daftar ulang di STIP nya. FYI, temen kosan gue pada lolos kecuali si wowo dari Riau. agak gimana gitu temen seperjuangan gugur 1 orang.

tes tahap kedua pun tiba. Tes yg gue jalani pertama itu SAMAPTA. pertama gue lari keliling lapangan bola selama 12 menit bersama sama peserta blok c yg lolos juga. gue cuma dapet 4,5 putaran maklum belom sarapan pagi (halaaah alesan aja lu peak). lalu gue cuma istirahat duduk 3 menit buat minum dan narik napas, lalu langsung digiring sama taruna ke tempat Pull Up. disana alhamdulillah gue dapet 7 kali pull up. bukan karena tangan gue kuat, tapi karena badan gue kecil mirip triplek!. setelah itu lalu digiring (udah kaya bebek digiring) lagi ke dalam sport hall untuk push up, sit up, dan shuttle run. gue push up dapet 38 kali. lalu sit up dapet 28 kali, dan shuttle run dapet 18 detik.

lalu dalam keadaan capek, lelah, lesu, letih, lunglai gue digiring ke bagian akhir yaitu BERENANG. sebenernya sih gue baru bisa renang itupun belom kuat jauh-jauh. dan 1 halangan lagi dalam renang itu gue orangnya panikan. pas denger kolam renangnya itu dalemnya lebih dari 2 meter, panjangnya ya kurang lebih 40-50 meter (gue gatau pasti karena lupa bawa meteran buat ngukur) kalo mau nilainya bagus ya sampe ujung. gue panik. mampus gue. 

lalu nama gue pertama dipanggil bersama beberapa orang (kelinci percobaan). gue nyebur rame2. start dari pinggir, lalu MULAI ! priiiitt!! gue langsung melesat. tadinya pengen pake gaya hiu kan kenceng tuh hiu berenangnya tapi niat itu gue urungkan karena gue ga punya sirip (alesan). akhirnya gue pake gaya kodok, berharap gaya ini dapat membantu gue berenang sampe ke seberang. namun baru 1/4 jalan gue keselek aer saat ngambil napas dan gue langsung panik. gue pikir dr pada besok masuk koran kompas atau masuk detik.com, mending gue nyerah. gue langsung pegangan tali dan bergerak perlahan ke pinggir. malaikat sebelah kiri bilang "mampuuus lu mampusss sukurin".

gue pasrah dah sama hasil nya nanti. berharap nilai gue di sektor lain lebih bagus yaudah pas udah selesai, gue balik ke kosan dan tidur karena ngantuk (iyalah masa laper bego)

lusa nya yaitu tes psikotes. gue digiring ke ruangan kelas rame2 ngerjain tuh. psikotes sih tergantung kemampuan asli kita jadi percuma nyontek ! gue dengan pedenya ngerjain itu soal soal sampe kelar lar lar...
lalu gue balik ke kosan, tidur karena ngantuk (iya kalo laper karena belom makan pea)

lusanya lagi tes wawancara bhs inggris dan pengetahuan umum. pertama gue wawancara bhs inggris. disitu gue dites sama ibu2 pake jilbab pink. gue ngobrol sama dia, saking asiknya gak kerasa gue wawancara sekitar 20 menit cas cos cas cos. lalu wawancara pengetahuan umum. gue kira bakal susah dan skak mat, eh gataunya gue disitu jadi curhat sama yg nge wawancarain gue. curhat dah hahahahaa.... untung kebagian pengetes yang baik. terima kasih ya bu semoga ditambahkan rejekinya :) . pas udahan, gue balik ke kosan, karena ngantuk, tidur (yaiyalah begoooo)

3 hari berikutnya tes terakhir yaitu tes kesehatan. ini yang paling seru, bikin ngakak, sekaligus menakutkan bagi gue.

pertama gue ke bagian apa namanya gue lupa dah. jadi gini gue disuruh tiduran dikasur, buka baju atas, celana panjang gue di gulung, lalu disuruh tenang dan di tempelin alat gitu di pergelangan tangan dan kaki gue serta dada kiri. gatau ini buat ngetes apaan mungkin dipikir gue terminator yang menyamar jadi peserta catar. pas udahan, gue beralih ke tes pendengaran. disitu gue masuk ke dalam box kedap suara, gue dikasih headphone serta pencetan. gunanya kalo gue denger sesuatu di headphone gue cukup menekan tombol aja. gue bersyukur budeg gue ga kumat karena gue inget kalo ini lagi di tes seleksi, bukan lagi ujian nasional SMA.

lalu beralih ke pengukuran tinggi dan berat badan. disitu gue cuma pake celana pendek, dan kaos dalem. gue ngantri panjang kaya ngantri BLSM. pas udah diukur tinggi gue 169,5 berat 48. gila kurusnya gue *ya emang*

lalu gue beralih ke yg menakutkan yaitu tes DARAH. jujur aja gue takut jarum suntik. denger kata suntikan aja gue langsung menelen ludah (yaiyalah emang mau nelen honda motor?). pas lagi ngantri, gue liatin yg lagi disuntik. peserta ini disuntik di lengan kirinya, namun pas disedot darahnya gak keluar NAHLOH ! musim kemarau mungkin. gue ngeliatnya ngilu bgt itu jarum nya sampe di otak atik geser kanan geser kiri astaga perut gue lemes ngeliatnya. gak ketemu juga darahnya lalu di cabut jarumnya dan disuntik lagi di lengan kanan. gue liat tampang nya sih biasa aja sok cool, tapi gue tau dalem hati nya berkata "kampreeeet sakiiiitttt coooyyyy" WOW ! gue berharap semoga nasib gue lebih baik dari dia. AMIN.

tiba giliran gue disuntik, gue dengan nekat memberanikan diri. lalu pas disuntik gue liatin jarumnya, berharap dia segera menemukan darah gue. lalu dokter menyuntikan itu jarum dan nyesss..... gue tahan napas. lalu darah gue keluar "alhamdulillah". lalu tiba tiba darah gue berhenti keluar dan tabungnya blom penuh langsung gue deg degan dan melotot setengah mati ! dalem hati gue tereak (ayoo keluar begooo jangan nyusahin kek) gue langsung mengepal tangan dgn kenceng dan melepas kepalan tangan gue dan nyesss darahnya keluar lagi "alhamdulillah". setelah selamat dari jarum suntik, gue melenggang santai ke tempat rontgen.

setelah dirontgen, gue ke tempat tes fisik. tempatnya terbuka bgt semua orang bisa liat. gue disuruh lepas kaos dalem sama celana pendek gue. jadilah gue cuma pake celana dalem doang disaksikan puluhan pasang mata (yaampun). dokter yg meriksa cewe namun agak tua. disitu gue di tes buta warna, dll..... tentang fisik gue. pas udahan telanjang gue langsung pake celana dan bergegas ke bagian yg paling kocak yaitu tes hernia/ambeien. disitu masuk 10 orang2, lalu disuruh menghadap tembok, lalu diitung 2 detik untuk lepas semua celana dan kita bersepuluh telanjang rame rame wkakakkkkkk....

disitu kami dipanggil 1 1 menghadap sang pengetes. nama gue dipanggil, gue menghadap dia, lalu gue disuruh nengok ke atas sementara gue merasakan dia grepegrepein telor gue. lalu gue disuruh balik badan dan posisi rukuk, lalu greekk gile sakit men, dia ngecek apakah gue ambeien apa kaga. lalu pas udah dipanggil smua, kami dikasih 5 detik utk pake celana. namun sang pengetes nya iseng. ada 4 orang yg celana nya dituker. jadi pas berbalik dan dihitung mereka bingung karena celana mereka ketuker dan akhirnya mereka masih telanjang hahahahaa. untungnya gue gak diisengin karena gue di pojok, yes !! lalu kami bersepuluh ketawa ngakak rame rame. begitu keluar ruangan, kami masih ngakak dengan keisengan tadi.

 selanjutnya gue beralih ke tempat tes mulut dan gigi. pas bgt giliran gue masuk, namun kaca yg biasa dimasukin kemulut nya sudah abis dan harus dicuci. sedangkan waktu menunjukan pukul 12.00 siang yg artinya istirahat solat. ya allah nanggung amat. lalu dengan setia gue nunggu dan alhamdulillah dokternya ngga pake istirahat. doi cuma bilang kalo gigi gue ada yang bolong dan dia nyuruh gue nambel yang bolong itu. oke siap dok, apapun kulakukan. 

lalu terakhir tes mata. ini yg ngantri nya banyak sampe keluar2. yaudah gue langsung solat dzuhur dulu dan setia nungguin antrian. gue ngantri kaya orang bego, sampe akhirnya gue dapet giliran kedua dari terakhir. itu klinik udah sepi, sialan! tes mata cuma disuruh baca huruf dari jarak beberapa meter dengan kedua mata yang tertutup (ya ngga lah bego, mana keliatan kalo dua duanya ditutup). setelah selesai, abis itu gue balik ke kosan, rapih2 barang, dan balik ke tangerang dan tinggal tungguin pengumuman. pfiuuuhhhhhhhh..... semoga hasilnya bagus..

sebulan nungguin pengumuman, gue dirumah jadi pengangguran kelas berat, beratnya pake banget. pengumuman tes tahap 2 tgl 2 agustus 2013. selama menunggu itu gue solat, banyak beramal banyak doa dll (macam betul aja ibadah kalo ada maunya. GADENG)

saat yg dinanti tiba....

hari itu jam 7 pagi gue buka, blom ada kabar, jam 10 buka blom ada kabar, jam 1 siang buka, ga ada kabar, lalu gue tidur karena ngantuk (yaiyalah masa laper bego)...
ditengah tidur siang gue, gue dibangunkan oleh sosok hp yang bunyi nya kenceng, oh itu hp gue. gue angkat ternyata itu temen tes gue. dia bilang hasilnya udh keluar tapi masih di BPSDM belum masuk website stip. yaudah langsung gua googling secepat kilat (ngga kilat juga si cuma biar seru aja) dan gua liat eh ada pengumuman tes tahap 2 STIP jakarta. langsung gue download dan gue cari nomor dan nama gue EE.11.20153 IVAN RINALDI di bagian nautika ternyata gak ada ! gue lemes. malaikat sebelah kiri bilang "mampuuuuus mampuuuss luuu" gue diem. 

tidak percaya dengan apa yang gue liat dan gondok diledekin, lalu gue iseng liat ke bawah,  terus kebawah, kebawah, kebawah terus, terus kebawa... dan ternyata nama gue ada!! namun diterima di jurusan Teknika ! gue bersyukur setengah mati (ga setengah mati juga si cuman biar seru aja) gue sangat bersyukur walau ga diterima di nautika tapi gue tetep masuk dan lulus tes STIP. lalu gue balik ngejek malaikat sebelah kiri "mampuuuuus luuu mampuuuusss" dan doi pun nangis sambil lari lari hahahaha...

 ALHAMDULILLAH SUBHANALLAH ALLAHU AKBAR segala macem dah gua sangat bersyukur. gua sujud syukur. akhirnya bisa lulus dan bisa jadi TARUNA STIP.



NB : Percaya lah pada diri lo, pada apa yang lo lakukan, yakin lah atas semua pengorbanan yang udah lo lakukan itu bakal ada feed back nya. jangan menyerah sama keadaan, tapi buatlah keadaan menyerah sama lo! satu lagi. JANGAN PERCAYA SAMA MALAIKAT SEBELAH KIRI (hahaha gadeng becanda). good luck !