Jumat, 20 Februari 2015

TEKNOLOGI MANUSIA ABAD KE-21


Jangan salah mengartikan gambar smartphone diatas. gua bukannya mau jualan atau promoin hp smartphone ya -_-"

Udah lama banget ngga ngeblog, akhirnya nulis lagi setelah ada yang fans blog gua yang ngebujuk agar gua nulis lagi :D hahaha sorry ya :P serta gua juga dapet pencerahan dan hidayah yang dateng tiba-tiba sampe ngagetin pas malem-malem abis maen COC (baca : clash of clans) di smartphone gua.  NB : bagi yang belum tau COC alias clash of clans, coc merupakan sebuah game yang lagi ngetrend, ngebooming, ngejamur, nginjeksi orang-orang  di semua kalangan dari yang muda-muda, sampai yang tua-tua main beginian dan ngga kenal tempat, suasana, serta waktu sekalipun. Contoh tragisnya waktu gua ke supermall lippo karawaci, ada anak kecil masih pitik-pitik lagi megang samsung galaxy tab yang segede bagong sambil main COC, mas-mas yang main COC pas lagi naik eskalator (baca : tangga berjalan), sampe gua sendiri keasikan main COC sambil nyetir pas lagi macet-macetnya di tol jakarta-merak hingga nyokap gua nyerocos mulu di mobil karena kesikan main “begituan” (baca : COC) -_-  . Virus game ini bermula dari abang gua, lalu menginfeksi ade gua hingga nular ke gua sendiri.sampai akhirnya gua yang awalnya ngga tau sama sekali apa itu COC, sampe ikut ketagihan main game laknat seru ini -_- well it’s okay actually i’m gamers too haha :D.

Ngomong-ngomong soal COC, COC termasuk dalam perkembangan teknologi pada abad ke-21 ini.

Nah, Kali ini gua mau ngebahas tentang teknologi. Teknologi yang akan gua bahas adalah smartphone atau dalam bahasa indonesia nya smart itu pintar, phone itu telepon. Jadi smartphone adalah merupakan telepon yang pintar saking pintarnya barang ini sampe bisa ngerjain tugas elektronika dan sistem kelistrikan kapal yang jadi SKS mata kuliah gua yang susah (baca : mimpi buruk) abis !

Yap smartphone sekarang sudah menjadi item yang menyebar dan menjamur di semua kalangan masyarakat di negara kesatuan republik indonesia kita tercinta ini serta  seluruh dunia, termasuk menjamur sampe ke keluarga gua. Gua masih inget pada jaman dahulu kala, waktu itu gua pernah SD dan hp pertama gua itu samsung yang bentuknya bantet, gendut pula, layarnya masih warna item-biru, ada antenanya, dan antenanya ada lampunya warna-warni kaya lampu disco... jadi siapapun yang ngeliat antena hp samsung gua langsung otomatis joget-joget shuffle kesurupan kayang jungkir balik salto ngerayap guling-guling lalu teriak histeris.. (ya enggaklah -_-).. itu hp pertama gua pas kelas 6 karena gua dapet peringkat di kelas. Nah seiring berkembangnya waktu dan teknologi pada jaman itu, muncul lah hp-hp yang layarnya udah berwarna dan berkamera. Seiring perkembangan itu juga, hp samsung pertama kesayangan gua mulai tersisihkan dengan adanya pendatang baru dari vendor nokia jenis 3230 yang pake analog.

Analog tuh itu tuh sesuatu yang bisa dimaenin diputer-puter dan seru abis bikin nagih pula (baca : stik playstation). Karena samsung gua Cuma menang di antena dengan lampu disco nya, sementara yang nokia 3230 udah ganteng dengan layar berwarna, analog yang seru dimainin, kamera, dan bisa nyalain musik, si samsung disco akhirnya tersisihkan dan menyendiri di lemari gua. Nokia 3230 jadi andalan gua, gua mainin game nya, gua mainin analognya, gua mainin musik nya, kameranya sampe ngga inget waktu, sampe doi (baca : nokia 3230) lelah melayani gua yang main dengan extreme, akhirnya dia jatuh sakit pingsan dan meninggal dunia (baca : batre jebol, LCD pecah alias rusak parah) dan ga bisa dipake lagi, akhirnya jadi bangke. Sungguh tragis nasib mu nak..

Sampe gua ga pegang hp lagi namun akhirnya gua ingat cinta pertama gua dengan samsung disco, gua ubek-ubek lemari gua dan gua menemukan doi (baca : samsung disco) dalam keadaan patah hati.. lalu gua berusaha bujuk dia biar mau balikan lagi sama gua, dan akhirnya dia memaafkan gua yang sudah mencampakkan dia (yeileh -_-) untuk sementara waktu gua rujukan dengan samsung disco, dia menemani hari-hari gua, menemani gua kemana-mana sampe akhirnya datang lagi pendatang baru. Usul-punya usul dia adalah sodara jauh si nokia 3230, yaitu nokia 5300 expressmusic yang warnanya item pekat dan modelnya slide gitu. Nokia pendatang baru ini mencuri hati gua sehingga gua berpaling lagi dari samsung disco karena modelnya yang slide, karena waktu itu lagi jaman-jamannya, lagi trendnya, lagi ngejamuarnya, lagi booming nya hp slide..
Samsung disco patah hati lagi.

Lalu gua menjalani hari-hari dengan nokia pendatang baru ini sampe 4 tahun. Loyal banget doi sama gua. Doi lengket banget di tangan gua, dimana ada gua, pasti ada dia. Gua lagi makan, ada dia, gua lagi mandi, ada dia, gua lagi naik motor, ada dia, gua lagi maen futsal, ada dia, bahkan gua lagi bok*r, dia juga ngikut. Wah-wah loyal banget ni hp seakan-akan setengah nyawa gua ya hp ini...

Sampe akhirnya doi terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, doi tenggelam dalam lautan luka dalam (loh?)..

Doi jatuh dari genggaman gua yang ada di lantai 2 sekolah gua. Saat doi jatoh dan pecah antah-berantah dan gua ngeliat itu, seketika gua ngeliat malaikat maut izrail dateng naik ojek, turun dan berdiri disebelah doi (baca : hp gua) sambil ngeliat gua dengan tatapan senyum-senyum najis... dada gua sesak, pake banget. Sampe susah napas (yaiyalah waktu itu gua lagi pilek akut stadium 4)

Gua ngerasa setengah jiwa gua ilang... gua bergegas turun ke bawah dan menghampiri nya namun doi sudah tidak tertolong lagi. Doi terbelah jadi dua dan beberapa serpihan kecil...

Gua sedih sekali...  dan kesepian..

Gua berniat balikan lagi sama samsung disco, namun niat itu gua urungkan setelah sang samsung disco gua mati tenggelam di bak mandi dengan tragis di tangan ade gua -_-

Jadilah gua sendirian beberapa bulan tanpa hp sampai akhirnya gua ngumpulin duit dari duit jajannya gua, gua beli nokia c2-03 yang model nya slide juga. Hp ini mengingatkan gua pada cinta lama gua (yeileh)...

Namun nasib c2-03 ini ga kalah tragisnya dengan pendahulunya, doi ngga bisa bertahan lama ngelayanin gua yang maeninnya dengan extreme, doi rusak. Jatoh dari meja, dan touchscreennya ngga respon pas disentuh... gua gondok karena baru jatoh sekali itupun dari meja langsung die (baca : mokad/mati/rusak) gini LCD nya. Karena gua gondok, gua banting-banting aja itu c2-03 dengan kejam hingga doi mati dengan kondisi yang tragis.
Kembali lagi gua sendiri tanpa ada yang menemani..

Setelah beberapa bulan sendiri, akhirnya datang juga incomer baru yaitu smartphone samsung galaxy ace 2 yang keren abis...

Samsung ini mampu bertahan dengan gua yang memainkannya dengan sangat sangat liar.. hingga sekarang doi masih nemenin gua.

Nah smartphone ini ternyata diem-diem menginjeksi nyokap gua yang buta teknologi. Waktu itu gua lagi maenin game namanya pou. Tau pou kan ? yang bentuknya kaya telor, namun agak mirip kotoran manusia (baca : T**). Itu adalah merupakan sejenis pet digital yang kita rawat dari bayi sampe tua. Dari sepitik sampe segede bagong. Dari telanjang ga pake apa-apa sampe gua pakein baju tentara lengkap baret dan kumis garang serta kacamata dan tak lupa kalung emas yang melingkar di lehernya dan tato di pipinya.

Sangar abis !

Nyokap gua ternyata demen ngeliatin gua main pou, sampe akhirnya nyokap beli smartphone juga dan minta gua buat downloadin pou. nyokap ternyata tergila-gila sama Pou. tiap hari main pou, tiap saat main pou, di mobil asik maen pou, di tempat doi senam main pou, bahkan sampe di pengajian ibu-ibu nyokap gua maen pou juga (informasi dari ade gua)... 

ya ampun Mah -_- . ternyata virus smartphone yang menginjeksi nyokap gua tingkatannya udah ngelebihin virus worm, trojan, $RECYCLER$, dan script virus.

Begitulah teknologi khususnya smartphone menjalar, menjamur, menginjeksi, dan meracuni orang-orang dari harga yang tergolong mahal dan mewah, dan yang harga nya tergolong murah udah kaya kacang goreng.

Ngga sampai Cuma di game, smartphone juga memberikan kita kebebasan berkomunikasi di tempat yang biasa disebut jejaring sosial atau bahasa keren dan gaul nya Social Network (halah)

Gua nulis (baca : ngetik) tema ini karena dapet pencerahan dan hidayah saat gua mengikuti soft skill oleh kanit psikologi kampus gua. Jaman sekarang merupakan jaman tragis. Kenapa jaman tragis, karena teknologi sudah berkembang dari hal yang ngga mungkin menjadi mungkin. Dari awalnya ngga mengenal kamera, sampe kenal sama kamera saking kenal nya setiap saat selfie, lagi makan selfie, lagi minum selfie, jangan-jangan lagi bok*r ada yang selfie juga -_- sampe-sampe ada juga orang yang mau makan aja, di foto  dulu makanannya. Loh, elu motoin makanan terus diupload di path, facebook, twitter, instagram buat apa ? pamer ? biar orang laen pengen makan juga bareng sama lu ? atau biar banyak yang ngelike/suka ? atau biar orang laen ngiler sampe tumpeh-tumpeh sambil kayang lalu salto kemudian masuk jurang gara-gara liat makanan yang lu foto gitu ?
Kadang gua heran sama orang-orang khususnya kaum hawa yang sering selfie, moto-motoin makanan yang mau mereka makan. Buat apa coba ? -_-

Ngomong-ngomong soal selfie, virus in sudah menyebar, dan menjalar  ngga Cuma di kaum hawa aja, juga kalangan kaum adam. Sampe-sampe muncul lah binatang yang disebut “TONGSIS” alias tongkat narsis. Yap sekarang “TONGSIS” alias tongkat narsis banyak beredar di pasaran dari harga yang mahal sampai yang murah. Sehingga dapat memenuhi orang-orang kaum adam dan hawa yang seret dan haus serta laper akan narsis.

Bahkan ada juga yang ga punya duit buat beli tongsis sampe-sampe bikin tongsis sendiri pake stik pel, kayu bambu lah, dan sejenisnya lalu smartphonenya diiket pake karet yang didesain dengan sedemikian rupa oleh tangan mereka sehingga Voila ! jadilah tongsis abal-abal -_- . Ya Allah niat amat ini orang cuma buat selfie -_- orang seperti ini terbilang orang yang kebelet kreatif.

Lalu dari yang ga mungkin menjadi mungkin. Semua orang taunya semua alat elektronik menggunakan tombol dan sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan adanya layar sentuh yang dapat merespon sentuhan jari manusia (yaiyalah masa jari setan).

Teknologi dibuat oleh manusia dari nol, hingga canggih seperti jaman sekarang ini. Tapi pernahkan kalian berpikir bahwa manusia membuat teknologi dan manusia itu sendiri diperbudak oleh teknologi ? mungkin kalian ga ngerti maksud gua. Biar mudah dipahami gua kasih contoh seperti orang-orang jaman sekarang tergila-gila sama teknologi/smartphone mulai dari game hingga social network. For example (baca : contohnya) seperti anak kecil jaman sekarang senengnya dan taunya maenin game/permainan di tablet ketimbang main diluar permainan anak kecil jaman doloe seperti tak jongkok, petak umpet, batu tujuh, galaksin, congklak, karambol, tak benteng, dan kawan-kawannya.

Coba renungkan !

Mungkin anak kecil jaman sekarang ngga  tau sama sekali tentang permainan itu. Jika disuruh memilih mereka pasti akan lebih memilih memainkan tablet/smartphonenya masing-masing. Ketimbang permainan tradisional seperti itu. Lama-kelamaan permainan tradisional tersebut akan musnah dan lenyap dari muka bumi ini. Serta anak dan cucu kita nanti ngga tau sama sekali tentang adanya permainan tradisional tersebut.
Serta anak jaman sekarang udah lebih tau dan mengenal tentang jejaring sosial yang udah bejibun kaya kacang goreng saat ini. Jaman gua smp dulu satu-satunya social network adalah friendster. Jaman dulu orang punya friendster udah gaul abis, keren abis. Lalu muncul facebook, muncul twitter, line, kakaotalk, whatsapp, dan kawan-kawnanya seperti saat ini.

Nah maksud dari pernyataan gua “jaman sekarang manusia diperbudak oleh teknologi”. Contohnya udah renggangnya jiwa sosial diantara manusia. Mereka sudah acuh terhadap manusia lain. Bila bertemu tidak senyum dan sapa melainkan sibuk dengan game/social network mereka masing-masing. Ditempat umum pun banyak ditemukan hal seperti itu, seperti dalam angkutan umum, penumpangnya sibuk dengan smartphone mereka masing-masing. Mereka tidak bertatap muka ataupun bertegur sapa. Sungguh tragis generasi manusia abad ke-21 ini. Mereka sibuk dengan dunia maya mereka masing-masing.

Mereka sibuk memasang/berbagi status ataupun foto pengalaman mereka dan mengharapkan like dan komentar dari orang lain. Sunggus ironis (ceilah). Manusia jaman sekarang lebih memilih berkumpul di social network daripada mengunjungi rumah teman mereka masing-masing.
Gua bukannya sok iya, atau macam betul, karena hal ini juga terjadi pada gua. Namun setelah gua renungin ada benernya juga ya generasi kita sekarang sudah diperbudak oleh teknologi.

Gua pernah denger kutipan kaya gini ..

“MANUSIA MEMBUAT TEKNOLOGI, DAN MANUSIA AKAN HANCUR DENGAN TEKNOLOGI YANG MEREKA BUAT SENDIRI”

Entah itu bakal beneran terjadi atau engga, ini buat bahan sharing aja agar kita lebih peduli terhadap generasi kita.

Oke cukup sekian sharingnya berhubung ide gua udah abis pake banget, yaudah udahanaja ya nanti kalo gua dapet ide, gua sambung lagi. Itupun kalo dapet hahaha

See ya.. thanks for reading this weird blog my readers :D


12 komentar:

Anonim mengatakan...

setuju gua sama tulisan loe gua juga mikir nanti ini dunia bakalan jadi kaya apa kalau semuanya sama mesin kaga bisa ngebayangin gua.

Amel mengatakan...

kangen mainan tradisional jadinya :(

Unknown mengatakan...

iyaa gua juga baru dapat pemikiran kaya gini :)
makasih udah berkunjung :D

Amel mengatakan...

udah lama nggak ngeblog ya gan

Anonim mengatakan...

siapa ka fans blognya? hahaha xD tebak aku siapa?

Unknown mengatakan...

iya udah lama ga ngeblog, pake banget

Unknown mengatakan...

hmm... iya udah tau kok -__-

Venta Verina mengatakan...

mulai aktif blogging lagi van?

Unknown mengatakan...

hahaha iseng aja ven

Dhea mengatakan...

Active lagi ya ka nulis di blognya ;)

Anonim mengatakan...

kak ivan kok blog yang pengalaman sipencatarnya gak ada sih padahal sangat berguna bagi yang ingin masuk sekolah pelayaran kaya saya ini,saya mendaftar di pip makassar dan alhamdulillah sekarang sdh lulus tahap 3(kesehatan) dan sya ingin melihat blog kak ivan sebagai referensi untk tes samapta dan wawancaranya kak

Anonim mengatakan...

kak ivan kok blog yang pengalaman sipencatarnya gak ada sih padahal sangat berguna bagi yang ingin masuk sekolah pelayaran kaya saya ini,saya mendaftar di pip makassar dan alhamdulillah sekarang sdh lulus tahap 3(kesehatan) dan sya ingin melihat blog kak ivan sebagai referensi untk tes samapta dan wawancaranya kak